Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mudahnya Pembuatan SIM A Tanpa Calo 1 Hari Jadi

Setelah pencaloan dilarang dilingkungan Satpas oleh Presiden Jokowi dan tertangkap basah oleh KPK serta dilakukannya audit dilingkungan Satpas tersebut. Muncullah ide untuk bikin SIM A untuk membuktikan bahwa tidak ada calo, dan ternyata memang benar tidak terlihat calo sama sekali di Satpas Daan Mogot Polda Metro Jaya dari pagi sampai sore hari ini.

Okeh.. langsung aja gw jelasin proses – proses membuat SIM A hari ini tanggal 21 Oktober 2016.

– Dari parkiran langsung menuju ke loket formulir kesehatan yang ada diseberang pintu masuk parkiran motor untuk beli formulir seharga Rp. 25.000,- serta siapkan 1 lembar foto copy KTP, setelah dapat formulir lalu menuju loket test kesehatan yang ada disebelahnya.

– Setelah test kesehatan dan mendapatkan lembar hasil test kesehatan, langsung saja menuju ke gedung sebelah. Sesampainya didalam, pergi ke loket pembayaran dan antri sesuai SIM yang akan diambil. Jika mengurus 2 SIM langsung saja bilang diloket pembayaran agar diberikan 2 bukti bayar.

– Setelah membayar di loket pembayaran SIM, ambil formulir pendaftaran diloket formulir disebelah loket pembayaran dengan menyertakan bukti pembayaran SIM, kemudian keloket asuransi disebelahnya jika ingin memakai asuransi, jika tidak langsung saja menuju loket pendaftaran SIM baru dan antri sesuai SIM yang dinginkan, jangan lupa menyiapkan 2 lembar foto copy KTP. Untuk SIM A daftar diloket 2 dan SIM C daftar diloket 4.

– Setelah melakukan pendaftaran, langsung ke tempat ujian test teori di lt. 2 (jika penuh bisa ke lt. 1 ruang 4 & 5). Setelah ujian selesai, tunggu hasil di loket 5 di lt. 1. Jika hasilnya < 21 berarti gagal dan harus mengulang 2 minggu lagi atau sesuai dengan tanggal yang tertera di hasil ujian teori. Jika hasilnya  > 21 berarti lulus, silahkan lanjutkan ke test praktek dengan cara mengambil formulir terlebih dahulu di loket 7, isi formulir tersebut lalu menuju kelapangan dan serahkan ke penguji masing – masing SIM yang diambil untuk test kendaraan. Jika test dinyatakan gagal pergi keloket penyerahan hasil test diloket 11 untuk menerima tanggal test praktek pengulangan, Jika test praktek dinyatakan lulus oleh penguji pergi keloket 11 untuk diverifikasi dan tunggu dipanggil di loket 12 setelah data hasil kelulusan diinput.

– Setelah dipanggil di loket 12 pergi ke loket 12A untuk meminta stempel hasil lulus ujian praktek dan pemberitahuan lokasi ruangan foto (gw mendapatkan loket foto ruangan 14). di ruang foto akan ditanya apakah data – datanya sudah benar, jika belum akan diinput ulang, jika sudah proses selanjutnya ambil sidik jari, tanda tangan dan terakhir difoto. Setelah selesai di foto pergi ke loket 30 yang bersebelahan dengan loket 12A untuk mengambil SIM yang sudah jadi.

Selesai Deh…!!!

Total pembuatan SIM A pada tanggal 21 Oktober 2016 hari ini adalah Rp. 155.000,- dengan rincian sebagai berikut :

Formulir Kesehatan           : Rp.   25.000,-
Pembayaran SIM A            : Rp. 120.000,-
Parkir                                    : Rp.     7.000,-
Pensil                                    : Rp.     3.000.- +
Total                                        Rp. 155.000,-

 

Nb : Jangan lupa bawa alat tulis masing – masing seperti pulpen, pensil dan penghapusan. Sebenarnya semua juga bisa dibeli dilokasi. 🙂

, , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Created By : Hafis